Wali Yang Sudah Mewakilkan Hadir Dalam Akad
TANYA
Abu Uvi
bagaimana hukumnya mewakilkan wali nikah kepada orang lain, sedangkan walinya
hadir di waktu akad ...??? Bagimana kaitannya dengan keterangan yang ada di kitab kifayatu
al-akhyar, ktanya ga sah, gmn???
JAWAB
Masaji AntoroAsalkan kehadiran wali nikah setelah
tawkil (mewakilka n pada orang
lain) tidak menjadi saksi dalam pernikahan tersebut maka tidak masalah, tapi kalau
kehadirann ya sekaligus menjadi
saksi pernikahan setelah dia
tawkil maka bisa mengakibat kan
akad pernikahan tersebut TIDAK SAH
فلو وكل الأب أو الأخ المنفرد فى العقد وحضر مع أخر ليكونا شاهدين لم يصح لأنه
متعين للعقد فلا يكون شاهدا
"Seandainy a seorang
ayah atau saudara mewakilkan
pada orang lain dalam melaksanak an akad (nikah), dan ia hadir bersama orang lain
untuk menjadi saksi (rangkap fungsi : sebagai orang yang
mewakilkan sekaligus juga sebagai
saksi) maka akadnya tidak sah karena ia di tentukan sebagai (pelaku) akad bukan
sebagai saksi" (Hasyiyah al-Bajuri II/102)
Berarti keterangan yang
terdapat dalam kitab Kifaayah al-akhyaar di artikan bila si wali nikah yang
mewakilkan dan hadir adalah juga
menjadi saksi (rangkap jabatan) dengan mengacu pada redaksi yang ada dalam
kita-kitab fiqih yang lain di
antaranya :
ويجوز أن يوكل الولي والزوج فلو وكل الولي والزوج أو أحدهما أو حضر الولي
ووكيله وعقد الوكيل لم يصح النكاح لأن الوكيل نائب الولي
Kifaayah al-akhyaar I/358
Coba kita bandingkan
dengan redaksi dalam kitab lain seperti :
ليكونا شاهدين لم يصح لأنه متعين للعقد فلا يكون شاهدا
(Hasyiyah al-Bajuri II/102)
923 مسألة إذا وكل الولي بتزويج وليته وأحضر الولي شاهدا لا يصح لأن الوكيل
نائبه في التزويج فكأنه أحضر شاهدا وعاقدا
Fataawy Ibnu Sholaah II/653
ومما تركه من شروط الشاهدين السمع والبصر والضبط ولو مع النسيان عن قرب
ومعرفة لسان المتعاقدين وكونه غير متعين
للولاية كأب وأخ منفرد وكل وحضر مع الآخر
Iqnaa Li assyarbiin y
II/411
وقوله : ( عاقد ) لأن الوكيل سفير محض فكان الولي هو العاقد .
قوله : ( وكل ) أي كل منهما . قوله : ( وحضر مع الآخر ) أي فإنه لا يصح لأنه ولي
عاقد فلا يكون شاهداً .
Tuhfah Alhabiib IV/135,
وَلَوْ كَانَ لَهَا إخْوَةٌ فَزَوَّجَه َا أَحَدُهُمْ وَالْآخَرَ انِ شَاهِدَانِ صَحَّ ؛ لِأَنَّ الْعَاقِدَ لَيْسَ نَائِبَهُم َا بِخِلَافِ مَا لَوْ وُكِّلَ أَبٌ ، أَوْ أَخٌ
تَعَيَّنَ لِلْوِلَاي َةِ وَحَضَرَ
مَعَ آخَرَ ؛ لِأَنَّهُ الْعَاقِدُ حَقِيقَةً إذْ الْوَكِيلُ فِي النِّكَاحِ سَفِيرٌ مَحْضٌ فَكَانَا
بِمَنْزِلَ ةِ رَجُلٍ وَاحِدٍ
Tuhfah almuhtaaj XXVIIII/ 379
قَوْلُهُ : ( وَحَضَرَ مَعَ الْآخَرِ ) أَيْ فَإِنَّهُ لَا يَصِحُّ ؛ لِأَنَّهُ
وَلِيٌّ عَاقِدٌ فَلَا يَكُونُ شَاهِدًا .
Hasyiyah Bujairomi X/149
وأما أبوها فولي عاقد فلا يكون شاهدا ولو وكل لم ينعقد بحضوره لأن الوكيل
نائبه
Roudhotut Thoolibiin
Vii/46
فلو وكل الأب أو الأخ المنفرد في النكاح وحضر مع الآخر لم يصح لأنه ولي عاقد فلا
يكون شاهدا ومن ثم لو شهد أخوان من ثلاثة وعقد الثالث بغير وكالة من أحدهما صح وإلا
فلا
Fath almuiin III/299
Komentar
Posting Komentar