Wali Yang Sudah Mewakilkan Hadir Dalam Akad

TANYA
Abu Uvi
bagaimana hukumnya mewakilkan wali nikah kepada orang lain, sedangkan walinya hadir di waktu akad ...??? Bagimana kaitannya dengan keterangan yang ada di kitab kifayatu al-akhyar, ktanya ga sah, gmn???
JAWAB
Masaji AntoroAsalkan kehadiran wali nikah setelah tawkil (mewakilkan pada orang lain) tidak menjadi saksi dalam pernikahan tersebut maka tidak masalah, tapi kalau kehadirannya sekaligus menjadi saksi pernikahan setelah dia tawkil maka bisa mengakibatkan akad pernikahan tersebut TIDAK SAH
فلو وكل الأب أو الأخ المنفرد فى العقد وحضر مع أخر ليكونا شاهدين لم يصح لأنه متعين للعقد فلا يكون شاهدا
"Seandainya seorang ayah atau saudara mewakilkan pada orang lain dalam melaksanakan akad (nikah), dan ia hadir bersama orang lain untuk menjadi saksi (rangkap fungsi : sebagai orang yang mewakilkan sekaligus juga sebagai saksi) maka akadnya tidak sah karena ia di tentukan sebagai (pelaku) akad bukan sebagai saksi" (Hasyiyah al-Bajuri II/102)
Berarti keterangan yang terdapat dalam kitab Kifaayah al-akhyaar di artikan bila si wali nikah yang mewakilkan dan hadir adalah juga menjadi saksi (rangkap jabatan) dengan mengacu pada redaksi yang ada dalam kita-kitab fiqih yang lain di antaranya :
ويجوز أن يوكل الولي والزوج فلو وكل الولي والزوج أو أحدهما أو حضر الولي
 ووكيله وعقد الوكيل لم يصح النكاح لأن الوكيل نائب الولي
Kifaayah al-akhyaar I/358
Coba kita bandingkan dengan redaksi dalam kitab lain seperti :
ليكونا شاهدين لم يصح لأنه متعين للعقد فلا يكون شاهدا
(Hasyiyah al-Bajuri II/102)
923 مسألة إذا وكل الولي بتزويج وليته وأحضر الولي شاهدا لا يصح لأن الوكيل نائبه في التزويج فكأنه أحضر شاهدا وعاقدا
Fataawy Ibnu Sholaah II/653
ومما تركه من شروط الشاهدين السمع والبصر والضبط ولو مع النسيان عن قرب ومعرفة لسان المتعاقدين وكونه غير متعين للولاية كأب وأخ منفرد وكل وحضر مع الآخر
Iqnaa Li assyarbiiny II/411
وقوله : ( عاقد ) لأن الوكيل سفير محض فكان الولي هو العاقد .
قوله : ( وكل ) أي كل منهما . قوله : ( وحضر مع الآخر ) أي فإنه لا يصح لأنه ولي عاقد فلا يكون شاهداً .
Tuhfah Alhabiib IV/135,
وَلَوْ كَانَ لَهَا إخْوَةٌ فَزَوَّجَهَا أَحَدُهُمْ وَالْآخَرَانِ شَاهِدَانِ صَحَّ ؛ لِأَنَّ الْعَاقِدَ لَيْسَ نَائِبَهُمَا بِخِلَافِ مَا لَوْ وُكِّلَ أَبٌ ، أَوْ أَخٌ تَعَيَّنَ لِلْوِلَايَةِ وَحَضَرَ مَعَ آخَرَ ؛ لِأَنَّهُ الْعَاقِدُ حَقِيقَةً إذْ الْوَكِيلُ فِي النِّكَاحِ سَفِيرٌ مَحْضٌ فَكَانَا بِمَنْزِلَةِ رَجُلٍ وَاحِدٍ
Tuhfah almuhtaaj XXVIIII/379
قَوْلُهُ : ( وَحَضَرَ مَعَ الْآخَرِ ) أَيْ فَإِنَّهُ لَا يَصِحُّ ؛ لِأَنَّهُ وَلِيٌّ عَاقِدٌ فَلَا يَكُونُ شَاهِدًا .
Hasyiyah Bujairomi X/149
وأما أبوها فولي عاقد فلا يكون شاهدا ولو وكل لم ينعقد بحضوره لأن الوكيل نائبه
Roudhotut Thoolibiin Vii/46
فلو وكل الأب أو الأخ المنفرد في النكاح وحضر مع الآخر لم يصح لأنه ولي عاقد فلا يكون شاهدا ومن ثم لو شهد أخوان من ثلاثة وعقد الثالث بغير وكالة من أحدهما صح وإلا فلا
Fath almuiin III/299

Komentar

Postingan populer dari blog ini

makalah MULTIMEDIA DALAM DUNIA PENDIDIKAN

PROYEKSI AKSONOMETRI

GEOGEBRA